Sukses

Penyebab Nyeri Sendi Pada Penderita TBC

29 Sep 2015, 19:41 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok,sblmnya sy sdh mnanykan soal sakit paru saya,sdh 5bln x pengobatan, tp knp ya bbrp bgian tbh sy sakit yaitu kalo stiap habis duduk dan mau bangun tidur, sakitnya di kedua bagian pergelangan kaki dan tumit, dan di lutut trasa sakit dan ngilu klo mau berdiri, dan di jari jari tangan sprti terasa kram, dan apa perubahan yg dirasakan umumnya pasien yg didiagnosa akan sembuh, mhn penjelasan

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda utarakan adalah nyeri pada bagian sendi kedua tumit, pergelangan kaki, lutut, dan jari-jari. Dengan riwayat dalam pengobatan penyakit paru bulan ke-5 (yang kami duga meruakan penyakit TBC).

Adanya keluhan Kesemutan atau mati rasa pada tangan atau kaki, atau nyeri sendi, dapat merupakan efek samping dari pengobatan TBC.

Seperti halnya obat-obat lain, obat anti tuberkolosis juga dapat menyebabkan efek samping. Selama pengobatan tuberkolosis, Anda harus terus dipantau perkembangan dari kemajuan pengobatan dan reaksi yang ditimbulkan.

Selain itu, nyeri pada persendian dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk asam urat dan arthritis (radang sendi), rheumatoid arthritis, penyakit autoimun lainnya, osteoarthritis dan  lain sebagainya.

Pengobatan nyeri sendi bergantung dari penyebabnya. Karena keterbatasan data yang tersedia dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan secara langsung, kami tidak dapat menentukan diagnosis pasti dari keadaan yang Anda alami. Oleh karena itu kami sarankan Anda kembali berkonsultasi kepada dokter yang saat ini menangani Anda untuk dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan sesuai dengan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

 

1 Komentar

  • End******ewek Ganatasho

    Selamat siang dokter..maaf saya penderita tbc tulang..dan saat say dironcen tulang belakang bawah sya sdadironcen..sekarang say ambil obat paket.dan sdah masuk 2bulan berobat..tpi yg ingin sya tanyakan..mengapa setiap bangun dri tidur kaki sebelah kanan saya tersa sakit dan menginjak seperti kram.