Sukses

Bercak Oranye Di Popok Bayi
24 Sep 2015, 20:39 WIB
Wanita, 25 tahun.

Siang dok, bayi saya usia 4 bln terliahat aktif dan sehat, minumnya ASI Eksklusif (450ml-600ml(untuk12-13Jam)) saat siang hari. pipisnya banyak, tdk sedang mengkonsumsi obat/vitamin, tapi kadang saya menemukan bercak oranye di popoknya, mohon bantuanya dok terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Dimanakah tepatnya bercak oranye dan kristal yang Anda utarakan? Pada Popok anak atau pada kulit anak yang sering tertutup popoknya?

Yang ditakutkan dari pemakaian popok secara rutin adalah adanya ruam popok pada kulit bayi. Ruam popok adalah suatu kondisi kulit yang teriritasi sehingga muncul bercak-bercak merah cerah yang tidak nyaman bagi bayi. Ruam popok biasanya disebabkan karena:

  1. Popok yang jarang diganti
  2. Bayi sedang mengalami diare
  3. Penggunaan produk popok baru yang lain dari biasanya
  4. Ukuran popok yang terlalu kecil dan ketat
  5. Penggunaan produk kulit bayi yang lain dari biasanya
  6. Ketika bayi mulai makan makanan padat
  7. Kulit yang sensitif

Untuk mencegahnya, Anda perlu mengganti popok bayi dengan teratur dan sering. Jangan biarkan buah hati Anda menggunakan popok yang basah dan kotor berlama-lama. Pastikan Anda membersihkan bokong bayi dengan air bersih dan mengeringkannya setiap kali hendak mengganti popok. Hindari penggunaan tissue basah yang mengandung pewangi atau alkohol. Bila bayi sedang mengalami diare sebaiknya IAnda lebih sering lagi mengganti popok bayi.

Untuk memastikan kondisi ini ada baiknya anda memeriksakan anak kepada dokter spesialis anak terdekat agar penyebab diketahui pasti dan penanganan menjadi lebih tepat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar