Sukses

Batuk Berdahak Dan Nyeri Perut Kanan

23 Sep 2015, 23:52 WIB
Pria, 46 tahun.

Pagi dok, saya batuk berdahak disertai rasa nyeri pada perut (tepatnya rahim) sebelah kanan. Jadi saat batuk perut terasa nyeri sekali. Sudah ke dokter dan diurut tetapi masih sakit (dan rasa nyeri bertambah setelah diurut)

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Sulit bagi kami untuk menentukan diagnosa penyakit Tante anda bila tidak melakukan pemeriksaan secara langsung. Dari informasi yang Anda berikan sebelumnya tante Anda telah diperiksakan kepada dokter, apa hasilnya? Diagnosa penyakit apa yang menjadi perkiraan penyakit tante Anda? pemeriksaan apa saja yang telah dijalani? setelah diberikan obat, apakah tante anda mengkonsumsi obat secara rutin sesuai dosis dan anjuran dokternya?

Adanya gejala batuk berdahak mengindikasikan adanya gangguan pada saluran pernapasan atas atau bawah. Apabila telah dialami selama seminggu, maka perlu dipikirakan adanya infeksi bakteri yang menyerang. Selain antibiotik untuk mengatasi infeksi, diperlukan pengobatan simptomatik, misalnya pengencer dahak, obat batuk dan lainnya sesuai gejala yang Ada. Bila keluhan tak juga teratasi, maka perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan medis untuk mencari penyebab ketidaksembuhan tersebut. Batuk lama disertai dahak hingga 2 minggu perlu dicuragi adanya infeksi TBC paru, sehingga diperlukan pemeriksaan darah, dahak dan/atau rontgen untuk memastikannya.

Sedangkan keluhan nyeri perut, terutama pada wanita, banyak penyebabnya. Mulai dari gangguan otot, saluran cerna, saluran kemih, sistem reproduksi dan lainnya. Sulit memastikannya bila tidak dilakukan pemeriksaan mendalam.

Bila setelah 3 kali pemeriksaan keluhan tidak juga membaik, sebaiknya pasien dirujuk kepada spesialisasi terkait (sesuai arah kecurigaan penyakit), misalnya spesialis penyakit dalam. Mungkin saja dokter nantinya akan menyarankan tante Anda untuk melakukan serangkaian pemeriksaaan medis dengan tujuan untuk mencari penyebab gangguan yang terjadi.

Kami tidak menyarakankan (sebaiknya tidak dilakukan) pemijitan, apalagi pada organ-organ perut. Yang ditakutkan terjadinya perdarahan didalam, yang dapat berkomplikasi menjadi perlengketan organ, atau memperburuk kondisi penyakit yang Ada.

Untuk itu sebaiknya tante anda kembali memeriksakan diri kepada dokternya untuk meminta rujukan kepada dokter spesialis sesuai arahan dokter tersebut, atau dapat langsung mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar