Sukses

Nyeri Di Pergelangan Kaki

24 Sep 2015, 20:04 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, saya kemarin keseleo di perjalanan menuju rumah saya ketika turun dari kendaraan. Karena kesibukan ketika di dalam perjalanan itu membuat saya tidak dapat melakukan RICE, saya akhirny duduk dg kaki yg terkilir selama 3 jam dg posisi yang tidak nyaman disertai nyeri di pergelangan kaki saya akibat keseleo td. Malamnya, saya mendapati nyeri yg sangat hebat di pergelangan kaki saya. Dan saya tidak dapat berdiri dengan tegak menggunakan kedua kaki saya. Dan karena di daerah saya dokter spesialis tulang belum ada, Apa yang harus saya lakukan dok? Mohon respon cepat ya dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

RICE merupakan pertolongan awal yang ditujukan sebagai penanganan saat terjadi cedera muskular. Walaupun tidak dapat segera dilakukan, anda masih dapat mengaplikasikannya pada area yang cedera.

Yang dimaksud dengan RICE, antara lain :

  • Rest (Istirahat)

Kurangi aktifitas sebisa mungkin, terutama pada 48 jam pertama setelah terjadinya cedera. Kemudian, secara bertahap daerah yang mengalami keseleo tersebut dapat mulai digerakkan sedikit demi sedikit.

  • Ice (es)

Dinginkan daerah yang keseleo dengan menggunakan es yang dilapisi kain/handuk selama maksimal 20 menit dan dapat diulangi setiap 3-4 jam

  • Compression (penekanan)

Untuk mengurangin pembengkakan lebih lanjut sebaiknya dilakukan penekanan pada daerah yang cedera. Penenkanan dapat dilakukan dengan menggunakan perban elastik.

  • Elevation (peninggian)

Jika memungkinkan, pertahankan agar daerah yang mengalami keseleo berada lebih tinggi dari pada jantung agar pembengkakan yang terjadi dapat terjadi.

Pada cedera yang ringan dapat diatasi hanya dengan melakukan ke-empat prinsip penanganan keseleo yang telah disebutkan di atas dan ditambah dengan pemberian obat penghilang rasa sakit, seperti obat dari golongan acetaminophen, atau NSAID. Obat anti nyeri ini bisa didapatkan pada apotek terdekat.

Namun, Untuk kasus keseleo yang lebih berat dan tidak dapat ditangani dengan langkah-langkah di atas, sebaiknya Anda segera ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan penatalaksanaan yang tepat. Anda dapat terlebih dahulu memeriksakan diri kepada dokter umum, dan bila setelah dilakukan pemeriksaan terdapat kecurigaan cedera yang berat, maka dokter dapat merujuk anda kepada spesialis Bedah untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar