Sukses

Mengatasi Bicara Gagap

15 Jun 2015, 10:48 WIB
Pria, 28 tahun.

mau tanya dok..cara menyembuhkan bicara gagap gmn ya?apa harus terapi? saya mulai gagap sejak smp. terimakasih

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Gagap adalah suatu gangguan bicara di mana aliran bicara terganggu tanpa disadari oleh pengulangan dan pemanjangan suara, suku kata, kata, atau frasa, serta jeda atau hambatan tak disadari yang mengakibatkan gagalnya produksi suara. Umumnya, gagap bukan disebabkan oleh proses fisik produksi suara atau proses penerjemahan pikiran menjadi kata, namun diduga faktor genetik (keturunan), gangguan saraf, emosi atau kecemasan, dan gangguan simetri otak berperan. Gagap juga tidak berhubungan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Kondisi gagap bervariasi dari yang ringan sampai berat.

Gagap sebenarnya tidak akan berlanjut sampai dewasa apabila Anda diterapi dengan baik dan segera ketika kecil dulu. Selain juga dibutuhkan dukungan dari lingkungan keluarga dan sekitarnya. Kecuali jika penyebabnya adalah herediter (keturunan), ada kemungkinan agak sulit untuk dihilangkan. Begitu pun bila tingkat keparahannya ringan namun tidak ditangani dengan baik. Apakah Anda mengalami gagap sejak kecil?

Penatalaksanaan untuk gagap akan tergantung dari apa penyebab dari gagap yang Anda miliki. Apabila disebabkan oleh masalah kecemasannya maka dapat berkonsultasi dengan psikolog dan apabila berkaitan dengan masalah performance/kinerja maka konsultasi ke terapis okupasi, dan sebaiknya Anda juga berkonsultasi ke terapis wicara. Gagap dapat disembuhkan, tergantung penyebabnya. Beberapa terapi yang dijalani sekarang diantaranya adalah hipnoterapi, pijat saraf bicara, dan suatu metode baru yang disebut dengan Modifying Phonation Intervals (MPI). Anda dapat mendiskusikan mengenai terapi Anda lebih lanjut ke terapis wicara Anda.

Kami juga sertakan artikel: Cara Mengatasi Kesulitan Bicara (Gagap).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar