Sukses

Bayi Lahir Dengan 1 Testis

23 Sep 2015, 14:02 WIB
Pria, 27 tahun.

pagi dok dok apa bisa anak bayi yg baru lahir blum jelas buah sakarnya? dan apa dampaknya jika memang anak bayi hanya punya 1 buah sakar? mohon penjelasannya dok terima kasih dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kelainan yang dialami oleh anak Anda disebut juga undescended testis. Undescended testis atau cryptorchidism adalah salah satu kelainan yang paling sering terjadi pada bayi laki-laki. Pada kelainan ini, testis tidak terletak di dalam skrotum. Angka kejadiannya yaitu pada 4-5% bayi laki-laki dengan umur kehamilan yang cukup, dan 20-33% pada bayi laki-laki prematur. Terjadinya kelainan dari kontrol hormon atau proses anatomi yang diperlukan dalam proses penurunan testis secara normal dapat menyebabkan UDT. UDT dapat dibedakan menjadi palpable (teraba) dan nonpalpable (tidak teraba). Diagnosis UDT dapat diketahui melalui pemeriksaan fisik. Namun, jika testis tidak teraba, laparoskopi dapat dilakukan untuk menentukan posisi testis. Terapi hormonal untuk mengatasi UDT masih dalam kontroversi. Tindakan yang sering dilakukan adalah pembedahan yang disebut orchidopexy.

 Kami anjurkan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah anak untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Kami lampirkan beberapa artikel terkait kesehatan reproduksi untuk Anda baca:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar