Sukses

Anak Mudah Takut / Cemas

23 Sep 2015, 08:16 WIB
Pria, 7 tahun.

Anak sy kdg suka mengeluh perasaannya tdk nyaman. Kdg di dlm kls merasa tkt jd minta ditemani. Tp dia sendiri tdk tau apa yg ditktkan. Tp hall ini tdk tiap saat, kdg2 sj. Bgmn cara menguatkan mentalnya spy tdk mdh cemas dlm menghdpi lingkungannya. Dlm keseharian dia termsk aktf dan ceria. Oia, apkh gangguan jiwa itu menurun? Krn adik sy ada yg gangguan jiwa. Sdh mnkh dan pny 2 anak.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Pertama-tama kami perlu mengajukan beberapa pertanyaan seperti: apakah anak Anda berjenis kelamin laki-laki atau perempuan? Apakah anak Anda memiliki saudara kandung lain atau teman sebayanya yang sering bermain dengannya? Bagaimana kehidupannya sehari-hari, apakah anak Anda hanya berinteraksi dengan Anda dan pasangan atau anak Anda sering bermain di luar dengan teman-teman lainnya?

Walaupun kami tidak mengetahui secara pasti kondisi psikis anak Anda, namun berdasar cerita Anda, bisa jadi sifat anak Anda yang penakut dan mudah cemas disebabkan oleh karena ia kurang berinteraksi dengan orang lain selain keluarga dan berinteraksi dilingkungan luar rumah.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan antara lain, cobalah mencarikannya teman sebaya untuk diajaknya bermain. Ataupun bila ia mendapatkan seorang adik lagi, mungkin juga ia akan dapat lebih mudah untuk belajar beinteraksi dengan orang lain.

JIka cara  tersebut telah Anda lakukan dan tidak berhasil, cobalah untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan psikolog anak.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Ingin Anak Lebih Pandai? Ajaklah Bermain!

4 Permainan Tradisional Anak Membakar Kalori

Permainan Aktif Dapat Meningkatkan Aktivitas Fisik Anak

4 Permainan Sederhana Cerdaskan Bayi Anda

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar