Sukses

Apakah Kualitas Tidur Disiang Hari sama Dengan Malam Hari?

28 Apr 2016, 20:12 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok saya mau bertanya, sejumlah informasi yang saya baca mengatakan tidur yg baik membutuhkan waktu 7-8 jam, yang ingin saya tanyakan kalau saya tidur jam 2 pag i- 10 pagi, apakah sama saja dengan tidur jam 10 malam - 6 pagi, terimaksih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Anjuran lama tidur malam pada orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam setiap harinya. Pada dasarnya tidur dan bekerja dalam waktu yang tidak beraturan dapat mengacaukan jam biologis tubuh. Tidur diperlukan, terutama malam hari karena di saat tidur banyak hormon yang bekerja. Selain hormon melatonin, hormon yang hanya diproduksi saat gelap, di tahap tidur juga dikeluarkan hormon pertumbuhan.Hormon ini berperan dalam proses peremajaan sel. Itu sebabnya jika kualitas tidur tidak baik, orang akan kelihatan cepat tua.

Selain itu masih banyak dampak kesehatan lain yang dapat ditimbulkan akibat kurangnya waktu tidur dimalam hari. Informasi lengkapnya dapat anda lihat Disini.

Ada beberapa hal yang dapat Anda ikuti untuk terhindar dari gangguan kesehatan tersebut:

  • Pastikan Anda makan yang cukup, sehat dan bergizi.
  • Olahraga yang teratur. Bekerja dengan shift bukanlah alasan untuk tidak olahraga. Anda dapat melakukan olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu. Olahraga dapat Anda lakukan saat Anda libur.
  • Tidur yang cukup. Salah satu contoh pengaturan jam tidur yang bisa Anda terapkan:
    • Bila Anda bekerja dengan rotasi maka, setiap Anda tidak sedang jaga malam usahakan untuk tidur secara biasa (contoh pukul 22:00 – 06:00). Termasuk saat hari libur.
    • Tidur 30 menit sebe;um shift malam akan membuat tubuh Anda terasa lebih segar, namun jangan sampai lebih dari 30 menit karena akan membuat Anda susah dibangunkan dan merasa lebih mengantuk saat bangun. Kecuali Anda menyelesaikan satu siklus tidur yaitu 90 menit.
    • Pastikan bayar hutang tidur selesai bekerja. Apapun alasannya kekurangan tidur akan menimbulkan masalah sehingga kebutuhan alami tubuh untuk tidur tidak dapat diabaikan.
    • Pastikan untuk mengatur pencahayaan yang masuk ke kamar tidur Anda agar tidak terlalu terang. Saat pulang dari tempat kerja pun Anda dapat menggunakan kacamata hitam untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata.

Anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan berkala ke dokter.  Bila Anda mengalami kesulitan tidur mungkin dokter akan memberikan terapi tambahan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar