Sukses

Larangan Selama Haid, Apakah Benar?

29 Jun 2015, 16:28 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya dpt pesan dr teman saya yg isinya tentang larangan untuk minum es/soda/kelapa dn makan mentimun serta keramas dlm keadaan haid karena bs menyebabkan kanker rahim dan kista. Apakah berita itu benar dok? Terimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pertanyaan Anda mengenai larangan minum es dan tidak boleh keramas saat haid, kami akan menjawabnya satu persatu.

  1. Larangan minum air es atau air dingin/mentimun/soda ketika haid. Hal itu tidaklah benar. Siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Keseimbangan hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis. Minuman dingin tidak mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak mempengaruhi siklus menstruasi, baik memperlancar maupun menghambat menstruasi.
  2. Tidak boleh keramas saat menstruasi. Hal itu juga tidaklah benar. Pada saat menstruasi, semua wanita harus menjaga kebersihan tubuh dengan optimal, mulai dari kebersihan tubuh dan rambut. Mencuci rambut saat menstruasi tidak akan mengakibatkan gangguan menstruasi apapun malah dapat membuat rasa nyaman dan santai karena bersih dan wangi.

Pola hidup yang sehat dan seimbang akan menjaga keseimbangan hormon dan menjaga kesehatan siklus menstruasi Anda. Bila terjadi menstruasi yang tidak teratur, terlalu sering, terlalu berat, terlalu banyak, dan gangguan lainnya segera konsultasikan dengan dokter untuk mencari penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Berikut terdapat artikel untuk melengkapi informasi Anda : 6 Mitos Menstruasi 

Demikian informasi yang dapat  kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar