Sukses

Telinga Terasa Gatal

21 Sep 2015, 15:39 WIB
Wanita, 21 tahun.

Bagaimana ya dok kalo kuping sayang itu terasa gatal? Ketika masuk,air. Mohon penjelasan.terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Telinga yang gatal dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti alergi (ekzema, dermatitis seborhoic, atau psoriasis), infeksi jamur ataupun bakteri, adanya gigitan binatang atau ada gigitan kutu, karena adanya serumen (kotoran telinga), ataupun kurangnya cairan telingga sehingga kering.  Hal ini juga bisa berdampak pada pendengaran berkurang karena dapat  menutupi gendang telinga sehingga fungsinya tidak berjalan dengan sempurna.

Penyebab paling sering keluhan telinga gatal adalah kotoran yang menyumbat atau serpihan kotoran dalam telinga. Terkadang letaknya lebih dalam dan tidak terjangkau oleh pembersih telinga biasa. Untuk itu, memang sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan telinga dengan alat khusus. Dengan demikian dapat diketahui apakah ada kotoran yang menyumbat di bagian dalam telinga atau tidak. Kemudian pembersihannya juga memerlukan alat khusus untuk bisa menarik kotoran yang letaknya di telinga  bagian dalam. 

Yang dapat Anda lakukan adalah menjaga agar telinga selalu kering (bersihkan pelan-pelan telinga setelah mandi atau berenang), hindari menggaruk dengan jari, dan lindungilah kulit dari iritasi. Kami juga tidak menyarankan Anda melakukan pembersihan telinga sendiri karena risiko terluka lebih besar. Mintalah orang lain untuk membantu Anda membersihkan telinga. Jika letak kotoran dalam dan sulit maka sebaiknya dokter atau tenaga medis terlatih yang melakukannya. Saat ini kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan telinga dan mengatasi penyebab keluhan.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

  • Cara Membersihkan Kotoran Telinga
  • 6 Tanda Telinga Anda Bermasalah

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar