Sukses

Perdarahan pada Mata Akibat Hipertensi

21 Aug 2015, 12:57 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat sore dokter, Saya ingin bertanya. Dokter, ayah saya berumur 38tahun mempunyai penyakit hipertensi. Beberapa hari yang lalu beliau mengalami pecah syaraf pembuluh darah mata sehingga matanya mengalami perdarahan. Apa sebabnya dan bagaimana cara kita untuk mengatasinya ya dok? Mohon info dan bantuannya. Terima kasih.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Perdarahan pada pembuluh darah mata dapat diakibatkan oleh beberapa hal. Penyakit yang paling sering menyebabkan pecahnya pembuluh darah di mata adalah tidak terkontrolnya penyakit diabetes (menyebabkan retinopati diabetes) dan/atau hipertensi (retinopati hipertensi). 

Bagian mata yang terkena efek akibat tekanan darah tinggi dan diabetes untuk waktu lama adalah retina, badan kaca, lensa, dan saraf mata. Pembuluh darah dapat rusak, sehingga terjadi kebocoran darah yang masuk ke dalam badan kaca. Darah yang ada akan menghalangi jalannya cahaya menuju retina. Lama kelamaan pembuluh darah yang rusak tersebut dapat menjadi jaringan ikat. Jaringan ikat yang terbentuk dapat menyebabkan retina terlepas dari bagian belakang bola mata. Keluhan yang dapat muncul adalah rasa adanya kilatan-kilatan cahaya di mata, kemudian seperti ada tirai yang menghalangi penglihatan.

Pengobatan utamanya adalah dengan mengobati penyebabnya. Jika penyebabnya hipertensi, maka diperlukan pengobatan secara intensif untuk dapat mengontrol tekanan darah agar tidak menyebabkan komplikasi pada organ tubuh lainnya seperti mata, jantung, otak, dan ginjal. 

Untuk mengetahui secara pasti dapat dilakukan pemeriksaan yang umum dilakukan di dokter mata, Anda juga dapat mengonsultasikan kondisi ayah Anda kepada dokter. Karena pengobatan harus sesuai dengan pemeriksaan fisik. Namun, penanganan retina yang terlepas memang harus dengan operasi yang hanya dapat dilakukan di rumah sakit besar di kota besar.

Berikut kami sertakan artikel mengenai retinopati dan kebutaan untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar