Sukses

Vagina Bengkak Dan Merah

28 Apr 2016, 16:55 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya ada mazalah dengan vagina saya hari itu saya datang bulan vagina saya perna bengkak dan merah kalok dik buat kencing tu rasa ya pedih dan sakit dan sampai saya pergi ke klinik gak sembuh juga ...nah itu knapa ya dok saya puya penyakit aneh kyak itu

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas pertanyaan Anda dan telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah bengkak di vagina dan nyeri. Salah satu kemungkinannya dapat disebabkan oleh infeksi dari kelenjar Bartholin yang memang berada disekitar vagina.

Kelenjar bartholin adalah 2 kelenjar yang berlokasi di kanan dan kiri pada bibir vagina yang berfungsi untuk memproduksi lendir untuk membasahi/melumasi vagina.

Jika kelenjar bartholin tersumbat maka akan menyebabkan pembentukan kista yang berisi cairan. Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau sumbatan lokal karena lendir vagina. Apabila disebabkan karena infeksi, kista tersebut berubah menjadi abses dan terjadi pembengkakan.

Penanganannya bergantung dari ukuran kista, ada tidaknya infeksi, nyeri atau tidaknya. Kista kecil dapat direndam di air hangat beberapa kali dalam sehari selama 3-4 hari untuk mengurangi nyeri dan agar kista dapat pecah dengan sendirinya. Atau dokter dapat memasang selang kecil / kateter untuk mengeluarkan cairan dari kista. Apabila kista berulang kali kambuh setelah diterapi maka kelenjar bartholin dapat diangkat dengan operasi / laser.

Kami sarankan Anda menghubungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan menyeluruh terkait dengan keluhan Anda sehingga diketahui diagnosa dari keluhan Anda 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar