Sukses

Menikah 7 Tahun, Belum Punya Anak

28 Apr 2016, 16:58 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok..kami sudah menikah 7 thn,tp sampai dgn saat ini sy blm juga hamil. siklus haid lancar dan teratur,walaupun kadang maju ataupun mundur 2-3 hari dari tanggal. Saya sudah coba cek di dokter mnrtnya saya sehat,tapi wktu pemeriksaan tidak bersama suami. Saya di sarankan untuk pemeriksaan lab, namun sampai dgn saat ini saya belum memeriksa. mohon petunjuknya dok,, terima kasih...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Ada hal yang perlu diperhatikan untuk dapat mempunyai keturunan :

  • Apakah Anda telah melakukan hubungan intim secara rutin ? ( rata - rata 2 kali seminggu )

Apabila hal diatas telah Anda lakukan , langkah yang perlu Anda ambil : Anda dan pasangan berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk dievaluasi fungsi reproduksi nya . Pada wanita dilihat organ reproduksi bagian dalam dengan menggunakan USG (ultrasonography) , apakah ada kelainan pada organ tersebut . Kemudian dilihat kadar hormon reproduksi didalam darah ( FSH,Estradiol , Progesteron ) , dievaluasi masa subur . Dilihat apakah ada sumbatan pada saluran indung telur ke rahim dengan menggunakan pemeriksaan Histerosalpingographi (HSG) .

Sedangkan pada laki-laki , dianalisa spermanya , apakah sperma dalam keadaan dan jumlah yang baik . Dicek kadar hormonnya seperti testosteron .

Apabila hal-hal tersebut tidak ada masalah artinya baik-baik saja maka Anda dapat melakukan cara alami seperti biasa , hanya dibantu oleh Dokter untuk kapan saatnya masa subur Anda , istirahat cukup , makan makanan yang baik dan bergizi , olahraga teratur .

Saran Kami , sebaiknya Anda dan pasangan mulai berkonsultasi dengan Dokter Kandungan untuk dapat dievaluasi .

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar