Sukses

Gejala Kanker Tenggorokan?

28 Apr 2016, 16:26 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok kalo saya menelan agak sulit, kadang ada rasa sakit, tpi tidak terlalu sakit sih. leher saya jg terdapat benjolan kecil. Kalo di pegang tidak sakit. Kenapa yah? Apa itu gejala kanker tenggorokan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kesulitan menelan dan adanya benjolan pada leher dapat berarti banyak hal. Akan lebih baik jika dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk mencari penyebabnya. Dan kedua kondisi ini bukanlah gejala khas untuk kanker tenggorokkan. Maka, akan kami jelaskan mengenai kanker tengggorokkan yang lebih umum dikenal dengan kanker nasofaring.

Kanker nasofaring adalah kondisi tumor ganas pada nasofaring (daerah di belakang hidung). Untuk mendiagnosis secara dini sangatlah sulit, karena tumor ini baru menimbulkan gejala pada stadium-stadium akhir.

Gejala-gejala pada stadium awal penyakit ini sukar dibedakan dengan penyakit lainnya. Dimana letak dari tumor ini tersembunyi di belakang tabir langit-langit dan terletak di dasar tengkorak, dan sukar sekali dilihat jika bukan dengan ahlinya.

Gejala klinis karsinoma (kanker) nasofaring dapat dibagi menjadi 4 kelompok, penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya:

  • Gejala nasofaring, gejala ini dapat berupa perdarahan melalui hidung yang ringan hingga berat, atau sumbatan pada hidung
  • Gejala Telinga, ini merupakan gejala dini yang timbul karena asal tumor dekat sekali dengan muara tuba eustachius, sehingga pembesaran sedikit pada tumor akan menyebabkan tersumbatnya saluran ini dan menimbulkan gejala pada telinga seperti, telinga nyeri, telinga berdenging, rasa tidak nyaman.
  • Gejala Mata, pertumbuhan tumor ini dapat menyebabkan gangguan pada saraf-saraf di otak salah satunya adalah keluhan pada mata berupa pandangan ganda.
  • Gejala di leher, Metastasis, gejala ini dapat dilihat pada beberapa stadium akhir kanker nasofaring berupa pembesaran atau benjolan di leher.

Adakah dari gejala-gejala diatas yang anda rasakan?

Apabila ada, maka jangan ragu untuk memeriksakan diri kepada dokter terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar