Sukses

Pusing jika Berdiri Lama

28 Apr 2016, 16:36 WIB
Pria, 42 tahun.

Dok sy klo berdiri agak ama koo badan terasa ga stabil. Seperti mau jatuh. Tapi klo buru2 d pake duduk, normal lagi. Knpa ya Dok? Makasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Idealnya diperlukan beberapa pemeriksaan untuk dapat menegakkan diagnosis pada kasus Anda, namun keluhan anda kemungkinan dapat disebabkan oleh karena pengaruh posisi atau yang disebut dengan hipotensi postural/ortostatik. Ini biasanya terjadi akibat berkurangnya aliran darah ke otak dan menyebabkan pandangan berkunang-kunang atau rasa pusing.

Keluhan Anda ini juga dapat disebabkan karena anemia (kurangnya sel darah merah).dehidrasi (kekurangan cairan tubuh),obat-obatan penenang dan beberapa obat jantung, panas, demam

Tekanan darah seseorang dengan orthostatik biasanya menurun pada perubahan posisi menjadi berdiri, infeksi, peningkatan frekuensi napas, udara panas, dan mengangkat benda berat.

Selain itu, terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan keadaan ini, tersering adalah positional vertigo (BPPV).

Diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan hal ini. Bila benar Anda menderita hipotensi orthostatik, maka beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat ini adalah:

  1. Memeriksa tekanan darah berkala, bandingkan saat berbaring dan berdiri, juga saat Anda mengalami keluhan.
  2. Hentikan konsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan tekanan darah bila ada. Diskusikan hal ini dengan dokter Anda terlebih dahulu.
  3. Konsumsi garam sekitar 10 gm/hari secara hati-hati! Konsumsi berlebihan justru dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
  4. Elevasi kepala saat tidur sekitar 15-20 derajat (4-6 inchi). Coba untuk tidak selalu berbaring di tempat tidur.
  5. Hindari perubahan posisi menjadi berdiri secara tiba-tiba, terutama setelah makan.
  6. Hindari panas berlebih.

Bila setelah melakukan hal di atas, keluhan masih dirasa mengganggu,kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan profil darah. Anda juga dapat memperhatikan pola istirahat dan pola makan yang baik dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi. segera kunjungi dokter untuk konsultasi. Terapi dini dan sesuai tentu akan mendatangkan hasil yang lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar