Sukses

Demam, Batuk, dan Pilek

28 Apr 2016, 16:39 WIB
Wanita, 23 tahun.

saya sedah mengalami sakit batuk dengan gejala tenggorokan gatal kemudian batuk lalu mengeluarkan dahak berwarna kuning pucat, dan gejala demam. pagi ini mulai mengalami pilek ringan. kira2 saya sakit apa ya dok? apa karena kecapekan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Demam hanya merupakan suatu gejala atau alarm tubuh dari sebuah penyakit. Demam timbul sebagai respon tubuh akibat rangsangan pada pusat demam di otak, paling sering akibat adanya infeksi.

Adanya batuk dan pilek mengindikasikan adanya infeksi pada saluran nafas bagian atas. Sementara keluhan mencret, bisa diakibatkan demam itu sendiri akibat peningkatan suhu tubuh sehingga terjadi gangguan pada saluran cerna, atau adanya infeksi pada saluran cerna (mencret yang diakibatkan infeksi saluran cerna) yang juga ikut memicu timbulnya demam. 

Karena demam hanya merupakan suatu gejala, pada saat diberi obat demam maka suhu tubuh akan turun, namun selama penyebab demam belum teratasi, maka demam akan kembali muncul. Oleh karenanya perlu ditelusuri penyebab demam, sumber infeksi dari organ tubuh mana saja, dan lainnya agar dapat diberikan penanganan yang tepat. Jika ditemukan infeksi bakteri, maka perlu diberi antibiotik, jika karena virus maka perlu bed rest total, dan sebagainya. Untuk itu kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter agar dilakukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik dan penunjang (misalnya lab) untuk diagnosis yang tepat.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar