Sukses

Cairan Kental Dari Telinga Anak

28 Apr 2016, 16:43 WIB
Pria, 3 tahun.

Dok saya mau nanya..NK saya sering keluhan pada telinga.. seringnya gatal dan perih. Dan selalu di kucek susah dibilangin jangan. Tp lama lama udh berapa kali terkadang basah dan bau dlam telinga dan terdapat cairan kental banyak banget. Tapi kadang juga sembuh lagi setelah beberapa hari paling cuma gatal dan perih sekaligus luka di bagian lubang telinga . Mungkin karana sering di kucek Solusinya gimana ya dok. Apa anak sya gpp?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluarnya cairan dari dalam telinga baik berupa darah, nanah, serumen (kotoran telinga), ataupun cairan jernih lainnya dalam dunia kedokteran dikenal sebagai otorrhea. Pada umumnya, cairan yang sering keluar dari telinga adalah serumen (kotoran telinga), namun keluarnya cairan lain seperti darah atau nanah dari telinga dapat terjadi akibat adanya iritasi atau infeksi di dalam telinga. Keluarnya cairan dari telinga akibat adanya iritasi atau infeksi dalam telinga biasanya akan diawali dengan gejala demam tinggi atau rasa tidak nyaman selama beberapa hari karena kupingnya yang terasa sakit. Disamping itu, pecahnya gendang telinga juga seringkali menimbulkan keluhan berupa keluarnya cairan berwarna kuning keputihan dengan sedikit darah dari telinga.

Untuk memastikan penyebab cairan telinga tersebut diperlukan wawancara lebih lanjut dan diperlukan pemeriksaan secara langsung terhadap telinga Anda. Kami sarankan anak Anda diperiksakan ke dokter spesialis THT segera agar diketahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar