Sukses

Tertelan Batu

28 Apr 2016, 10:31 WIB
Pria, 5 tahun.

Dokter yg baik, Ada pertanyaan saya.apabila suatu benda asing mis.batu masuk terlelan.apakah batu itu akan ikut keluar melaluI BAB. Apabila tidak,bahaya apa yg terjadi.apabila hal itu terjadi pada anak usia 5 thn.mohon penjelasannya. Terima kasih.salam

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Anda tidak perlu khawatir. Benda asing (selain makanan-minuman) yang tertelah akan masuk kedalam sistem pencernaan dan ikut terbuang bersama kotoran, dapat berupa bentuk utuh maupun telah tercerna tergantung dari komposisi benda asing tersebut. Yang menjadi kekhawatiran adalah apabila terdapat permukaan yang tajam pada benda asing tersebut (misalnya jarum), karena dapat melukai saluran cerna manapun yang dilaluinya hingga menyebabkan perforasi (kebocoran).

Untuk itu, apabila anda memiliki anak yang sedang aktif dan ingin tahu dengan mencoba memasukkan segala benda kedalam mulutnya, maka anda perlu memberikan perhatian ekstra agar anak terhindar dari menelan benda-benda yang berbahaya, baik dalam bentuk cair, padat, maupun menghirup gas berbahaya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar