Sukses

Obat Batuk Anak?

20 Sep 2015, 07:04 WIB
Wanita, 2 tahun.

Merk Obat yang bagus untuk batuk berdahak anak

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Salam kami untuk buah hati Anda tercinta.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang.

Batuk pada anak memang banyak penyebabnya, dari infeksi, alergi, asma, iritasi, dan banyak hal lainnya. Oleh karena itu kami sarankan agar Anda mengkonsultasikan anak Anda ke dokter spesialis anak agar anak Anda dapat dilakukan pemeriksaan. Untuk sementara coba jemur anak di pagi hari dan perhatikan apakah terdapat faktor di sekitar lingkungan yang membuat anak Anda menjadi batuk terus-menerus, seperti debu, bulu binatang peliharaan, udara yang terlalu dingin dan lembab, bulu dari pakaian, merokok, dsb.

Terdapat kemungkinan bahwa benda-benda tertentu dapat menyebabkan batuk pada anak Anda, dan yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan penghindaran terhadap benda-benda tersebut. Seringkali batuk tersebut diakibatkan karena alergi terhadap hal-hal tertentu. Dan untuk mengatasinya, anak Anda perlu menghindari setiap kondisi yang menyebabkan batuk.

Pada dasarnya obat batuk tidak diperlukan bila batuk tidak mengganggu tidur. Sebaiknya berikan berikan anak minuman hangat dalam jumlah cukup yang akan membantu mengencerkan dahak. Berdasarkan rekomendasi AAP, pemberian madu juga dapat membantu mengurangi gejala. Bila memang dirasa sangat mengganggu, Anda dapat mencoba obat batuk yang mengandung zat pengencer dahak yang dijual bebas di apotek. Kami menyarankan Anda membawa anak ke dokter bila setelah 2 - 3 hari tidak ada perbaikan gejala atau terdapat tanda-tanda bahaya seperti sesak napas. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 



Salam

0 Komentar

Belum ada komentar