Sukses

Dada Sakit Dan Terasa Sesak

12 Aug 2015, 11:31 WIB
Pria, 18 tahun.

Begini dok, saya sekarang sedang sakit dibagian dada dan terasa sesak, selain itu juga badan saya terasa pegal, dan semalam saya tidak bisa tidur karena sesak dan jantung saya berdetak lebih cepat. Ini penyakit apa ya dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan yang Anda alami dapat disebabkan oleh masalah jantung, saluran pencernaan, saluran pernapasan, ataupun masalah psikologis.

Masalah jantung dapat menyebabkan keluhan sakit dada, sesak napas, dada berdebar-debar, dan rasa mudah lelah bila beraktivitas. Keluhan sakit dada karena masalah jantung biasa muncul saat beraktivitas, rasa seperti ditekan benda berat, dan nyeri berkurang saat istirahat, sakit dapat menjalar ke leher, bahu, dan lengan kiri. Keluhan biasa disertai dengan sesak dan berdebar-debar.

Masalah pencernaan dapat pula menimbulkan keluhan rasa tidak nyaman di dada (panas), rasa panas di tenggorokan, disertai sakit di ulu hati atau kembung, dan rasa asam/pahit di mulut. Keluhan ini biasa timbul saat terlambat makan, makan asam atau pedas, atau makan terlalu kenyang. Apakah Anda sering terlambat makan? Apakah ada sakit maag sebelumnya?

Masalah pernapasan juga dapat menyebabkan keluhan sesak dan sakit dada. Apakah Anda merokok? Apakah ada sakit asma sebelumnya?

Sayang sekali Kami tidak dapat menentukan penyabab mana yang menjadi alasan dari keluhan Anda jika hanya berdasarkan informasi yang Anda utarakan tersebut. Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk diperiksa fisik, perlu juga dilakukan pemeriksaan rontgen dada dan rekam jantung karena penting untuk menyingkirkan masalah jantung.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar