Sukses

Pusing Tujuh Keliling

27 Apr 2016, 21:07 WIB
Pria, 52 tahun.

Saya suka pusing tujuh keliling setelah batuk atau tersedak. Apabila tidak batuk saya tidak begitu merasakan sakit,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda akan kondisi Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan mengajukan beberapa pertanyaan. Sudah berapa lama keluhan tersebut berlangsung? Apakah ada keluhan mual dan muntah?

Berdasarkan keluhan yang Anda sampaikan yaitu pusing tujuh keliling seakan-akan benda di sekitar melayang,  kami menduga Anda mengalami vertigo.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  1. Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  2. Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike manuever) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Vertigo sentral sendiri melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani. 

Apabila Anda belum memeriksakan diri ke dokter, kami menyarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis THT atau saraf untuk menentukan jenis vertigo pada Anda, vertigo perifer atau sentral.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar