Sukses

Demam dan Batuk

20 Sep 2015, 06:59 WIB
Pria, 32 tahun.

Mau nanya lg dok, klo demam saya mulai lg badan saya terasa ngilu, meriang dan sudah 3 hari ini mulai batuk kering, klo tidurnya mereng kekiri batuk saya menjadi-jadi tapi klo tidurnya mereng ke kanan ngak batuk, gimana tu dok, mohon sarannya dok. Trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyakit Usus buntu merupakan gangguan sistem saluran cerna, dimana manisfestasi gangguan klinis yang akan timbul juga berhubungan dengan saluran cerna, yaitu nyeri perut hebat (bisa oada bagian kanan bawah atau menjalar keseluruh bagian perut lain), mual, muntah, atau kesulitan BAB atau kentut dan disertai demam tinggi.

Adakah gejela diatas yang Anda alami?

Jika demam yang Anda alami disertai dengan batuk selama 1 minggu, maka yang perlu dicurigai adalah gangguan pada sistem pernapasan.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1.  Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)

  2.  Asma

  3.  Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus

  4.  Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)

  5.  GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 

  6. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 

  7. Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Diindonesia, angka kesakitan TBC masihlah tinggi. Untuk itu pada penderita batuk lama disertai demam atau gejala lainnya patut terlebih dahulu dicurigai menderita penyakit TBC. Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan medis, untuk bisa menegakkan diagnosis sehingga dapat diberikan pengobatan yang optimal. Dokter mungkin saja akan menganjurkan anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium darah, dahak atau pemeriksaan rontgen dada.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat:

8 Penyebab Batuk Kronis

Tuberkulosis Paru (TBC Paru)

Bronkitis

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar