Sukses

Phobia Darah

19 Sep 2015, 19:54 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saya mw tanya dok... kenapa ya stiap salah satu anggota tubuh saya ada yg trluka dn mengeluarkan darah,, kepala saya itu pusing bgt kaya mw pingsan tpi enggak smpe pingsan hanya hampir pingsan dan biasa nya terlukanya itu krna kebelek pisau atau benda tajam lain ny... suatu saat saya prnh mencoba untuk trus mlihat luka itu tujuan ny spaya saya tdk mrasa pusing lgi sprti mw pingsan,, tapi gatot gagal total kira2 nnti saat saya melahirkan berpengaruh atau tidak?? Dan saya jga tidak bsa d suntik dan smua itu turunan dri ibu saya dn adik ny ibu saya jga srti itu... mohon jawaban ny yaa dok terima kasih...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami menduga yang Anda mengalami phobia darah aatau Hematophobia.

Merasa lemah saat melihat darah umumnya berasal dari reaksi berlebihan dari respon vasovagal.  Respon vasovagal terjadi karena melambatnya jantung dan pelebaran arteri sehingga tekanan darah melambat dan darah turun ke kaki. Akhirnya otak kekurangan darah yang kaya oksigen dan menyebabkan orang merasa pusing dan bahkanberakhir pada pingsan. Hal ini merupakan sebuah refleks rasa takut yang menjadi mekanisme bertahan hidup manusia.

Rasa takut ini tentu saja bisa diatasi, yaitu dengan proses desensitisasi. Cobalah untuk sedikit-demi sedikit membiasakan diri dengan melihat atau memikirkan darah, maksudnya adalah dengan menjadikan diri Anda terbiasa dengan darah. Bentuklah pemikiran bahwa darah adalah komponen dari tubuh Anda dan bukan merupakan hal yang perlu ditakuti.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar