Sukses

Kedutan Di Bawah Pusar

27 Apr 2016, 19:33 WIB
Wanita, 25 tahun.

Met mlm dok, sy mau tanya saat ini usia kandungan sy 14w. Sy merasakan kedutan di bawah pusar kedutannya setiap hari. Apakah itu normal?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun, perasaan kedutan pada perut dapat memiliki banyak arti, karena gejala ini merupakan gejala subjektif.

Sensasi kedutan tersebut bisa saja merupakan gerakan usus. Sedangkan pada ibu hamil, bisa jadi ini merupakan tanda pergerakan janin. Namun, umumnya wanita merasakan adanya quickening atau pergerakan janin antara minggu ke 16 - 20, walaupun waktunya berbeda di antara wanita.

Apakah ini kehamilan pertama Anda?  Apabila ini adalah kehamilan pertama maka umumnya Ibu baru mulai merasakan pergerakan janin pada minggu ke-20. Gerakan janin pertama dirasakan seperti perasaan terdapatnya kupu-kupu di dalam perut atau sebagai "gelembung gas" atau "denyut". Bila Ibu sudah pernah hamil sebelumnya maka Ibu akan tahu bahwa perasaan ini merupakan pergerakan janin.

Saat ini anda tidak perlu khawatir. Coba amati lagi sensasi kedutan yang anda rasakan tersebut. Jika terus berlanjut, bekonsultasilah kembali kepada dokter kandungan anda disaat anda melakukan pemeriksaan kehamilan nanti.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

1 Komentar