Sukses

Sel Telur Kurang Bagus

26 Apr 2016, 08:27 WIB
Wanita, 24 tahun.

saya mau tanya dok.. saya wanita sudah menikah sejak satu tahun lalu namun belum di karuniai anak. saya sempat hamil namun keguguran di ukuran 6 week. dua dokter yang saya temui bilang karena sel telur kurang bagus dan berat badan yang terlalu kurus saya 46kg TB 163cm. siklus haid saya 39 atau 40 hari.. apa itu normal dok? dan terkadang saya mengalami keputihan berwarna coklat ke hitaman. apa mungkin ada indikasi penyakit tertentu dok? saya pernah tanya pada dokter tentang keputihan tsb namun tidak begitu ditanggapi.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas kepercayaan yang anda berikan pada klikdokter.

Kami dapat memahami kekhawatiran anda terhadap kesehatan reproduksi anda saat ini.

Dengan pengembangan folikel yang kurang baik tentu tidak dapat dihasilkan sel telur matang untuk dibuahi oleh sperma sehingga kemungkinan anda untuk hamil menjadi sangat kecil. Hal ini dapat diatasi dengan konsumsi chlompihene citrate untuk memicu pematangan sel telur - seperti yang terkandung dalam obat yang sedang anda konsumsi.

Untuk meningkatkan keberhasilan, chlompihene citrate dapat dikombinasikan dengan hormon gonadotropin korionik rekombinan manusia (r-HCG). Hormon ini dapat digunakan untuk menginduksi ovulasi (pelepasan sel telur dari kandung telur) dan induksi kehamilan pada kasus infertilitas fungsional dimana tidak ditemukan kelainan pada organ reproduksi - seperti pada kasus anda. Efektivitas terapi r-HCG ini mencapai 91,9% angka kejadian ovulasi, 22% angka kejadian kehamilan, dan mencapai 68,2% kelahiran.

Untuk mendapatkan pengobatan ini anda perlu berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan terdekat diwilayah anda.

Sedangkan keputihan yang berwarna coklat kehitaman jelas merupakan bentuk keputihan yang abnormal. Untuk mengatasinya perlu terlebih dahulu dicari penyebabnya, untuk itu lakukan pemeriksaan kepada dokter anda.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan.

0 Komentar

Belum ada komentar