Sukses

Indikator Pemulangan Bayi Prematur

27 Apr 2016, 19:56 WIB
Wanita, 27 tahun.

Tgl 3 Juni 2015 lalu, Saya baru saja melahirkan bayi prematur di usia kandungan 32weeks, bb 1875gr,pb 42cm. Saat ini anak saya masih dirawat di NICU. Berapa lama kira2 anak saya harus dirawat di NICU? Indikator apa saja yg bisa dijadikan patokan bahwa putri saya siap dibawa pulang?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada bayi yang dilahirkan prematur belum mempunyai alat tubuh lengkap seperti bayi matur. Oleh sebab itu ia mengalami lebih banyak kesulitan untuk hidup di luar rahim ibunya. Makin pendek masa kehamilannya maka makin kurang sempurna pertumbuhannya, dengan akibat makin mudahnya terjadi komplikasi pada sistem ditubuhnya. Untuk itu, bayi yang lahir prematur tentunya membutuhkan perawatan yang lebih ekstra dibandung bayi lahir matur.

Untuk pemulangan bayi prematur yang dirawat dirumah sakit, tentunya merupakan keputusan dari dokter spesialis anak yang merawatnya. Namun dapat dinilai kenaikan berat bada, suhu tubuh, pernapasan, dsb. Kriteria bayi prematur yang dapat dipulangkan yaitu, bila berat badan sudah mencapai 1800 - 2000 gram, Suhu tubuh dapat terjaga baik pada tempat tidur terbuka (diluar inkubator), pernapasan stabil tanpa oksigen tambahan, bayi dapat menyusu dengan baik dan tidak lagi memerlukan obat.

Konsultasikanlah kembali kondisi putri anda saat ini apakah telah memenuhi kriteria pemulangan dengan dokter spesialis anak yang merawatnya.

Semoga anda dan putri kesayangan sehat selalu!

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar