Sukses

Neuralgia Trigeminal

11 Jun 2015, 15:53 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok kepala bagian belakang sering terasa pegal dan pegalnya sampai wajah sekitar pipi, awalnya 5 tahun yg lalu sering terasa sakit hampir tiap hari. sakit dan rasa pegalnya terasa lama lebih dari 3 jam bisa dari pagi hingga malam, sekarang saya susah mengingat apa yg saya telah kerjakan, susah konsentrasi, jika membaca seluruh kepala terasa pegal, dan pandangan saya jadi kabur. awal periksa di dokter umum dan dokter mengira saya terkena trigeminal dan sampai sekarang belum periksa lebih lanjut. kira-kira kenapa ya dok ?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda. Keluhan Anda saat ini adalah rasa pegal sebagian di wajah

Perlu kami tanyakan sebelumnya,  adakah faktor yang mempengaruhinya? adakah keluhan lain, seperti demam dan lainnya? adakah masalah pada struktur sekitarnya, seperti gigi, telinga, hidung, maupun mata?

Rasa pegal dan sakit pada sebagian wajah, disertai nyeri pada mata, telinga, dan kepala dapat mengarah pada kondisi yang disebabkan oleh neuralgia trigeminal.

Neuralgia trigeminal diartikan sebagai  nyeri seperti tikaman, berlangsung singkat, datangnya tiba-tiba dan berulang yang dirasakan didaerah persarafan satu atau lebih, cabang-cabang dari saraf trigeminus (N.V) yaitu pada daerah wajah. Penderita terkena kebanyakan diatas usia 40 tahun , wanita lebih banyak dari laki-laki .

Untuk memastikannya, mungkin dibutuhkan Pemeriksaan Penunjang seperti MRI , CT-Scan , untuk mendeteksi adanya penyebab neuralgia trigeminal seperti kompresi radiks N.V oleh pembuluh darah , meningioma , sclerosis multiple. Oleh karena itu melakukan pemeriksaan diri kepada dokter merupakan jalan pertama yang seharusnya diambil.

Sementara itu, untuk mengatasi keluhan saat ini dapat diberikan Obat penghilang rasa sakit. Namun penggunaannya tidak dianjurkan sebagai pemakaian rutin atau jangka panjang, karena dapat menyebabkan gangguan lambung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar