Sukses

Kedua Tumit Terasa Sakit

26 Apr 2016, 08:12 WIB
Wanita, 30 tahun.

tumit saya keduanya sering sakit.kalo untuk berjalan dan berpijak terasa nyeri.palagi kalo pake sptu flat sangat trsa skt, msh mending pake highsheels.saya sudah test lab.dan hsl lab.dibwh normal smua dr asam urat,kolestrol,gula ga da masalah.lalu saya minta rujukan untuk rontgen, tp saya blm melakukannya.apakah penyakit yang saya derita dok?apa ada hubungannya dengan penyakit tension headcaches yang kemarin saya rasakan?trm ksh atas penjelasannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran anda saat ini.  Pada umumnya, nyeri tumit disebabkan oleh peradangan dari plantar fascia – suatu jaringan disepanjang bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit dengan ibu jari kaki kita. Keadaan ini dalam bahasa medis disebut plantar fasciitis. Plantar adalah bagian dasar dari kaki, fascia adalah tipe jaringan penghubung, dan itis adalah peradangan atau inflamasi.

Plantar fasciitis umumnya menyebabkan nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar yang biasanya bertambah buruk pada pagi hari karena fascia mengencang (berkontraksi) sepanjang malam. Segera setelah kita berjalan-jalan beberapa saat, nyeri yang disebabkan oleh plantar fasciitis ini biasanya berkurang, tetapi mungkin akan terasa nyeri kembali setelah berdiri beberapa lama atau setelah bangun dari posisi duduk.

Beberapa di antara plantar fasciitis adalah:

1. Aktivitas dan berat badan berlebih

2. Akibat trauma masa lalu yang menimpa tulang tumit

Kebiasaan melepas alas kaki saat berjalan di lantai yang keras atau kasar. Pada orang-orang yang terbiasa berjalan di atas kerikil yang bermaksud untuk kesembuhan, ternyata menyebabkan trauma telapak kaki sewaktu menginjak kerikil dan akan memicu munculnya trauma pada tulang tumit.

3. Peradangan sendi dan tulang

Termasuk di dalamnya adalah radang akibat penonjolan tulang yang tumbuh di bagian tumit, baik pada tulang tumitnya maupun pada persendiannya

4. Encok rematik (rheumatoid arthritis/RA)

5. Pemakaian alas kaki yang tidak sesuai.

Struktur dan konstruksi alas kaki harus disesuaikan dengan bentuk dan ukuran kaki. Alas sepatu yang keras juga akan membuat kaki menjadi tersiksa selama dipakai berjalan. Terlebih kalau dipakai berlari atau berjalan jauh. Menurut Jurnal American Academy of Orthopaedic Surgeon, dengan berjalan tumit menanggung 110% beban tubuh, pada saat berlari dapat mencapai 200%.

Pemeriksaan rontgen yang anda lakukan tidak menunjukkan adanya kelainan sehingga kemungkinan penonjolan tulang sebagai penyebab dapat disingkirkan. Mengenai kemungkinan encok rematik, perlu dievaluasi lebih lanjut mengenai kriteria diagnosisnya, yaitu:

  • - kaku sendi pagi hari > 1 jam minimal selama 6 minggu

  • - radang dan pembengkakan > 3 sendi minimal selama 6 minggu

  • - radang sendi tangan minimal selama 6 minggu

  • - radang sendi yang simetris minimial selama 6 minggu

  • - rontgen menunjukkan erosi sendi

Hasil rontgen kaki anda juga tidak menunjukkan adanya erosi sendi. Namun apakah anda mengalami salah satu dari keluhan tersebut?  Bila jawabannya adalah iya, maka saya menyarankan anda untuk menjalani pemeriksaan rematik (Rheumatoid Factor/RF) untuk memastikannya.

Pada kebanyakan kasus, nyeri dari plantar fasciitis akan menghilang dengan sendirinya tanpa pembedahan atau pengobatan invasif lainnya, namun pada kasus-kasus tertentu tetap diperlukan pemberian obat golongan antiradang bukan steroid (NSAIDs) seperti aspirin dan ibuprofen. Selain itu, dapat juga diberikan suntikan steroid pada tempat yang dirasa nyeri. Kurangi aktivitas anda dan pilih alas kaki yang sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki anda. Kompres tumit dengan air dingin saat terasa nyeri, dan lakukan fisioterapi secara rutin dengan cara menekuk pergelangan kaki ke atas dan jempol ke atas menggunakan satu tangan.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar