Sukses

sindroma premenstruasi (PMS)

25 Apr 2016, 17:44 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok usia pernikahan sya memasuki 1th.. yg sya ingin tanyakan knp ya dok setiap ingin menjelang haid dan wktu haid itu masih kurang bebebrapa minggu lagi tp di awal bulan payudara sudah terasa kencang dan badan meriang truz jg mual kadang bangum tidur pagi suka berasa beliuran dok badan pegel-pegel sya bingung knp bs sprti itu..menstruasinya sk gk nentu kdgteratur kdg jg enggk dok, sya tkt rencana ingin mempunnyai keturunan tergnggu:( truz biasanya kencang payudara itu sya rasakan smpai dtg bulan dok. Tolong di confrm ya dok pertanyaan sya.. terimakasih l

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gejala yang Anda gambarkan tersebut adalah gejala atau sindroma premenstruasi (PMS). Sindroma premenstruasi adalah gejala yang terjadi sebelum atau selama fase menstruasi, yang merupakan kombinasi dari fisikal distres, psikologikal, dan atau perubahan tingkah laku, dimana gejala tersebut sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hal ini terjadi karena perubahan hormonal di tubuh yang memang kerap dialami oleh wanita ketika menstruasi. Kelelahan bukanlah penyebab namun dapat merupakan pencetus yang memperberat gejala. Selain kondisi yang lelah, stres atau pikiran juga dapat memperberatnya. Gejala tipikal PMS muncul sekitar 2 minggu sebelum waktu menstruasi berikutnya, semakin memburuk seiring dengan dekatnya waktu menstruasi, dan membaik setelah menstruasi. Hal tersebut wajar terjadi dan tidak berbahaya.   

Yang dapat Anda lakukan adalah modifikasi gaya hidup dengan nutrisi seimbang dan olahraga teratur untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca artikel kami mengenai Sindroma Premenstruasi di :

Mitos vs Fakta PMS

Makanan untuk Ringankan Gejala PMS

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar