Sukses

Pemilihan Jenis Kosmetik

11 Jun 2015, 11:53 WIB
Wanita, 32 tahun.

Kulit saya berminyak dan klo pke kosmetik klo sdh siang keliatan gelap dan bedak mulai bergumpal-gumpal, solusinya gmn n cocoky pke kosmetik ap sj?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang selau menggunakan kosmetik? Wanita yang secara alamiah memiliki keinginan untuk selalu tampil cantik, membuat wanita menggunakan make up sebagai salah satu cara untuk memperindah penampilan. Selain itu, di perkembangan dunia metropolitan, make up terkadang menjadi salah satu tuntutan dari profesi seorang wanita.

Umumnya penggunaan make up tidak menimbulkan reaksi yang membahayakan. Namun, pada sebagian orang, ada yang mengalami reaksi pada kulit akibat penggunaan make up. Apa saja reaksi yang dapat ditimbulkan?

Wajah Berminyak

Memiliki wajah berminyak yang berkilauan tentu saja membuat penampilan menjadi kurang optimal. Terdapat dua jenis foundation dan bedak, yaitu oily based dan water based. Terkadang memakai bedak atau foundation yang oily based menyebabkan eye shadow menggumpal dan pemakaian eye liner kurang rapi. Pada kulit berminyak penggunaan foundation dan bedak oily based tidak disarankan. Pada kulit kering, sebaiknya juga menggunakan foundation yang water based namun menggunakan pelembab untuk melengkapinya.

Kulit Kering

Pada beberapa kasus, penggunaan make up akan membuat kulit menjadi kusam, kering, dan bersisik.  Menurut  American Academy of Dermatology, make up jenis ini juga akan menyebabkan kulit retak dan berjerawat dimana akan mempermudah terjadinya infeksi. Kulit kering juga menyebabkan kulit menjadi gatal. Untuk menanganinya dapat dilakukan dengan penggunaan pelembab atau foundation dan bedak yang mengandung pelembab.

Penyumbatan Pori-Pori dan Jerawat

Banyak orang menggunakan make up selama bertahun-tahun dan tidak berjerawat. Namun pada beberapa orang, satu kali saja menggunakan make up dan langsung timbul jerawat. Menurut  American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk pemakaian foundation dan bedak yang tidak menutup pori, yaitu non-acnegenic atau non-comedogenic atau menghindari foundation dan bedak yang oily based.

Alergi

Beberapa kandungan dalam make up dapat mencetuskan reaksi alergi seperti dermatitis atau eksim. Bahan pengawet pada make up seperti parabens, dilaporkan dapat menyebabkan kanker. Bahan lain seperti formaldehid yang dapat digunakan juga untuk pengawet mayat dilaporkan dapat menyebabkan iritasi mata dan kulit.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar