Sukses

Mengejar Tumbuh Kembang bayi Prematur

25 Apr 2016, 13:34 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya mau tanya soal tumbuh kembang anak..anak saya sekarang usia 16 bulan..anak saya lahir usia kandung 8 bulan 2 minggu..berat lahir nya 1.9 kg pnjang 41 cm..sekarang belum bisa ngerangkak,duduk dan berjalan..berat badan sekarang 7.5 kg..fisioterapi di lakukan hanya 4 kali..selain dari fisioterapi bisa ga stimulasi di lakukan di rumah dengan cara apa..saya sekarang rutin di masas..dan bagaimana dengan bb nya apakah normal atau masih kurang..dan makanan apa yang dapat menaikan bb anak saya..terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi dari KlikDokter.com.

Kelahiran cukup bulan atau aterm berkisar antara usia kehamilan 37-42 minggu. Meskipun lahir sebelum waktunya, bayi prematur tumbuh dan berkembang melalui tahap yang sama. 

Namun karena pertumbuhan dan perkembangannya harus disesuaikan dengan usia bila anak tersebut lahir cukup bulan, maka akan terkesan bahwa pertumbuhan dan perkembangannya lebih lambat dibandingkan anak lahir cukup bulan. Namun anda tidak perlu terlalu khawatir, karena bayi prematur akan mengejar pertumbuhannya dalam 2 tahun pertama kehidupannya. Karena itu diperlukan perawatan khusus bagi bayi prematur selama selama 2 tahun pertama kehidupannya.  

Sebagai kesimpulan, pola perkembangan bayi prematur dapat menjadi lebih lambat dari bayi yang lahir cukup bulan. Kemampuan-kemampuan seperti berjalan, berlari, dan bicara dapat mengalami keterlambatan.  Namun kebanyakan hal ini tidak menjadi masalah saat anak mencapai usia 1-2 tahun.

Yang anda perlukan adalah rutin memeriksakan anak setiap bulannya, baik diposyandu maupun dokter spesialis anak untuk memantau tumbuh kembangnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar