Sukses

Cara Minum Kontrasepsi Darurat

25 Apr 2016, 13:48 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok,saya mau tanya... Hpht saya tgl 3 juni,tgl 8 juni sdh bersih, tgl 9 juni pukul 12 malam saya berhubungan dgn suami, saya tdk sedang ber kb,jd memakai metode coitus interupus krna saya blm mau hamil,esok hri nya pukul 9 pagi saya minum postinor 1 biji,12 jam kemudian saya minum lg pil yg kedua. apakah yg saya lakukan sdh tepat,lalu apakah setelah minum postinor saya boleh minum pil kb seperti biasa nya,,, terima kasih dok,,,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Jika yang anda maksud tujuan anda mengkonsumsi pil KB adalah sebagai kontrasepso darurat, maka hanya efektif jika digunakan dalam 72 jam sesudah berhubungan seksual tanpa perlindungan. Jika menggunakan pil kombinasi dan minipil, harus diulangi untuk dosis kedua 12 jam kemudian. Jika menggunakan pil estrogen juga dimulai dalam waktu 3 hari pascasenggama dan diteruskan selama 5 hari. Sedangkan jika menggunakan mifepriston, hanya diperlukan 1 kali dosis dalam 3 hari pascasenggama.

Kontraspsi darurat tidak dianjurkan sebagai metode KB secara rutin atau terus menerus. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan jika mengalami tanda-tanda kehamilan seperti terlambat haid, mual-mual, dan tanda lainnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar