Sukses

Peningkatan Ureum dan Kreatinin

22 Apr 2016, 10:25 WIB
Pria, 21 tahun.

Saya ingin bertanya dari hasil cek darah saya nilai faal ginjal ureum169 mg/dl dan kreatinin 17,1 mg/dl. Apakah itu berbahaya dokter?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Sebelumnya, atas indikasi apa anda melakuan pemeriksaan fungsi ginjal?

Kreatinin merupakan produk sisa metabolisme otot dan sebagian kecil dari konsumsi daging. Ginjal yang sehat dapat menyaring kreatinin dan produk sisa lain dari darah untuk dibuang dengan urin. Bila ginjal tidak bekerja dengan baik, kreatinin dapat terakumulasi di dalam darah. 

Pemeriksaan kreatinin biasanya bersamaan dengan pemeriksaan kadar ureum darah. Ureum merupakan hasil akhir metabolisme protein yang juga dibuang melalui ginjal. Data ureum dan kreatinin digunakan untuk memperkirakan kecepatan penyaringan ginjal.

Pada umumnya batas normal ureum pria adalah 15-38 mg/dl, sedangkan wanita 7-18 mg/dl. Kadar kreatinin normal pada pria adalah 0,7-1,4 mg/dl, sedangkan pada wanita 0,6-1,2 mg/dl.

Jika dilihat, maka hasil pemeriksaan fungsi ginjal Anda jauh diatas batas normal. Sedangkan bila Ada peningkatan kadar kreatinin dalam darah menunjukkan adanya gangguan pada fungsi maupun struktur pada ginjalnya.

Sebaiknya  melakukan konsultasi kembali (kontrol) dengan dokter yang saat ini menangani Anda agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Pemeriksaan darah merupakan pemeriksaan penunjang, dalam mendiagnosa suatu penyakit dibutuhkan adanya wawancara medis secara detail, pemeriksaan fisik secara menyeluruh. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar