Sukses

Kaki Bengkak, Diabetes, dan Hipertensi

12 Jun 2015, 16:52 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok kaki bapak saya bengkak. Apakah ada obat yang bisa membuatnya berhenti bengkak, bapak saya umurnya 59 thn. Dan penderita diabetes,hyper tensi.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda terhadap ayah Anda. Bengkak pada kaki dapat disebabkan oleh karena peradangan, kadar asam urat yang tinggi, cedera otot maupun tulang, infeksi, maupun gangguan fungsi ginjal. Untuk memastikan penyebab bengkak tersebut diperlukan pemeriksaan fisik terhadap kaki ayah Anda, pemeriksaan radiologi dan penunjang lainnya yang diperlukan, serta wawancara medis lengkap seperti apakah terdapat riwayat terjatuh atau cedera? apakah pernah dilakukan tes darah lainnya seperti fungsi ginjal? obat apakah yang saat ini dikonsumsi oleh ayah Anda? apakah terdapat luka pada bagian yang bengkak? dan lainnya.

Merujuk pada kondisi diabetes dan hipertensi yang dialami beliau, kadar gula dan tekanan darah perlu dijaga agar tetap terkontrol dengan:

  • Perencanaan makan yang baik, dengan pengaturan jumlah, jenis, dan jadwal. Sudahkah ayah Anda memiliki perencanaan makan?
  • Aktivitas fisik atau olahraga yang teratur
  • Obat yang diminum (anti diabetik), terapi suntik insulin. Serta obat anti hipertensi. Obat apa sajakah yang saat ini dikonsumsi oleh ayah Anda?
  • Monitor kadar glikemik, diskusikan target kadar glukosa darah dengan dokter yang merawat ayah Anda
  • Kontrol rutin dengan dokter yang merawat ayah Anda agar kesehatannya dapat senantiasa terpantau dan dapat dilakukan pencegahan komplikasi penyakit

Perlu juga ditelusuri adakah hubungan antara bengkak pada kaki ayah Anda dengan diabetes atau hipertensi beliau dengan wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium yang diperlukan. Untuk itu kami menyarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter yang merawat beliau untuk evaluasi sedini mungkin.

Berikut artikel terkait yang dapat menambah informasi Anda:

0 Komentar

Belum ada komentar