Sukses

Kista pada Kehamilan

10 Jun 2015, 09:09 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat Pagi Dok, saya sementara hamil 4 Week 5 Day. ada kista 5,8cm x 5,2cm di rahim kiri saya, sebelumnya saya punya kista yang ada saat haid dan akan hilang saat selesai haid. Apakah ini akan mempengaruhi perkembangan janin saya jika kista tersebut terus berkembang? apa yang dapat saya lakukan untuk mengurangi resiko bahaya kista ini. mohon penjelasan. Terima kasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Hampir semua kista pada ovarium yang ditemukan saat kehamilan bersifat jinak, bahkan beberapa dapat menghilang secara spontan. Namun masih terdapat kemungkinan keganasan, kista terpuntir ataupun robek yang tentunya dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, penting dilakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala.

Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau disebut juga sebagai kista fungsional. Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Untuk mengetahui apakah kista yang terdapat pada rahim Anda berbahaya atau tidak, diperlukan observasi berkala untuk melihat ada tidaknya pembesaran ukuran kista serta ada atau tidaknya resiko bahaya serta efek yang timbul, baik pada ibu hamil ataupun pada janin yang dikandungnya

Penanganan kista dalam kehamilan bergantung pada jenis, ukuran dan gejala klinis yang ditimbulkan. Selama kista tersebut tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin serta tidak menimbulkan gejala klinis berat, seperti nyeri panggul maka tidak diperlukan tindakan apapun. Umumnya kista sederhana berukuran < 5 cm  dapat mengecil secara spontan selama kehamilan, sedangkan kista campuran memerlukan evaluasi lebih lanjut. 

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter kebidanan dan kandungan, untuk diperiksa apakah kista tersebut mempengaruhi perkembangan janin atau tidak. Jika tidak, Anda dapat melanjutkan kehamilan dengan rutin kontrol. Namun jika dianggap oleh dokter berbahaya, dapat dilakukan tindakan.

Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan  yang kami miliki untuk informasi seputar kehamilan dan masalah pada organ reproduksi yang lebih lengkap. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar