Sukses

Pemeriksaan Untuk Menentukan Kehamilan

10 Jun 2015, 10:25 WIB
Wanita, 18 tahun.

dokter, saya mau tnya, sblmnya sya sudah baca postingan ttg petting, sya prnah mlkukan hal trlarang tsb, tapi sperma tidak masuk hanya diluar, bulan kmrin saya telat haid, saya stress bingung, akhirnya saya berobat ke dokter dan dikasih obat ranitidin dan itamol forte paracetamol, stlah minum sehari akhirnya saya dtg haid, tapi darah tdk trllu bnyak namun waktu haid itu sama sprti biasa antara 7-8 hari, namun setelah haid selesai, perut bag bawah aaya kalo ditekan serasa sakit, bersendawa, eneg dan kadg sya mrasa ingin buang air kecil pdhl saya sdh buang air kecil. yg mau saya tanya, kira2 ada apa ya dok sama badan saya? oh ya dok, kdg hampir stress dan bingungnya, saya sampai lupa makan. terus, sya jga prnah tes tapi tdak menggunakan testpack, saya menggunakan cara alami dg pasta gigi, gula, sabun, dan mendiamkan urine, test ini saya coba sblm haid, dan itu tdk ada perubahanny dok. bhkan shabis haid ini juga saya mencoba dg pasta gigi, dan warnanya kuning, bukan biru:| yg mau saya tanya lagi, apakah tes menggunakan bhn alami aprti tsb itu bisa akurat? trims. (tolong jgn di posting ya dok)

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Tidak melakukan penetrasi saat berhubungan, kemungkinan terjadinya kehamilan memang jarang terjadi, namun bisa saja terjadi. Seringkali gejala awal mau menstruasi menyamarkan kehamilan dan sebaliknya. Untuk menentukan kehamilan seseorang paling akurat dengan memeriksakan kadar hormon B HCG dan USG kehamilan untuk melihat ada tidaknya kantung kehamilan. Pemeriksaan kadar B HCG dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah dan test pack. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG).Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Hasil test pack 2 garis merah walaupun samar bisa saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

Beberapa penyebab terjadinya positif palsu adalah pada saat proses pembacaan hasil yang terlalu lama, teknik pencelupan yang tidak benar, blighted ovum, alat yang rusak. Hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain:

  •  sering berkemih
  •  pembesaran dan nyeri payudara
  •  mual
  •  perasaan lelah
  •  daerah sekitar puting susu menghitam
  •  peningkatan suhu tubuh
  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mengetahui penyebab keluhan yang Anda rasakan saat ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen atau USG Transvaginal bila diperlukan. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar