Sukses

Lama Pengobatan TBC

15 Sep 2015, 19:17 WIB
Wanita, 15 tahun.

dok saya umur 15 tahun kena penyakit tbc dari bulan mei thn2014 saya sempet di sedot dan ternyata cairan nyaudah nempel dok mksdnya apa ya dok sampe skrng saya belom ngerti?dan wajar g sih dok kalo pengobatan tbc ampe selama kek saya?kata dokter yang biasa saya kesono saya seleai bulan juli saya takut dok mau rontgen?masalahnya juga dokter yg biasa saya sakit jadinya saya beli obatnya di apotik gimana ya dok?saya bingung apalagi saya mau pesantren tolong dijawab ya dokkk makasihh :)))

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Lama pengobatan bisa bertambah hingga 12 bulan apabila didapatkan penyulit, biasanya terjadi pada pasien dengan tingkat disiplin rendah dalam pengobatan.

Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Demi mencapai kesembuhan, sebaiknya Anda disiplin dalam terapi dan mengikutin saran dan anjuran kontrol sesuai dengan yang telah ditetapkan dokter Anda. Apabila setelah dilakukan pemeriksaan rontgen ulang didapatkan masih adanya gambaran penyakit TB, maka pengobatan bisa saja dilanjutkan kembali. Dan bila tidak diobati, Penyakit TB dapat membahayakan nyawa akibat komplikasi yang dapat ditimbulkan.

Apabila anda mendapatkan kesulitan biaya dalam pengobatan, maka cobalah untuk berobat ke puskesmas terdekat. Karena pengobatan TB di Puskesmas tidak dipungut biaya.

Berikut kami sertakan artikel:Tuberkulosis Paru untuk informasi lengkap Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar