Sukses

Suntik Kb Membuat Rahim Kering Dan Sulit Untuk Hamil ?

19 Apr 2016, 20:29 WIB
Wanita, 20 tahun.

selamat siang dok, dok, saya menikah maret 2014 pas blan pertama nikah saya di kb suntik selama 3 blan, dan selanjutnya saya melepaskan kb karena pengen punya momongan, sekarang pernikahan saya sudah setahun lebih tapi belum hamil juga, saya sudah periksa rahim normal. pertanyaan saya apakah benar suntik kb membuat rahim kering dan sulit untuk hamil ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penggunaan KB suntik tidak menyebabkan rahim “kering”. Salah satu yang perlu diperhatikan sebelum memulai kontraspesi dalam bentuk injeksi, adalah bahwa setelah penghentian pemakaian kontrasepsi ini, fertilitas atau kesuburan memang akan kembali dalam waktu yang relatif lebih lama dibandingkan metode kontrasepsi lain. KB suntik merupakan salah satu metode kontrasepsi yang mempunyai daya tahan lama. Walaupun ditujukan untuk mencegah kehamilan selama 3 bulan, efeknya ternyata bisa lebih lama.

KB suntik berisi hormon sintetik yang mirip dengan progesteron. Pemberian hormon ini dirancang untuk mencegah terjadinya ovulasi. Namun, hormon ini juga memiliki efek dihasilkannya mukus atau cairan mulut rahim yang kental dan menipiskan bagian dalam rahim. Kadar hormon sintetik ini secara bertahap makin meningkat dan mencapai puncaknya pada minggu ke-3. Setelah 3 minggu, kadar hormon ini akan berkurang, juga secara bertahap. Diperlukan sekitar 200 hari sampai hormon ini  betul-betul hilang dari peredarahan darah.

Umumnya diperlukan waktu 1 tahun setelah terakhir kali disuntik sebelum siklus menstruasi kembali normal dengan sendirinya. Sedangkan Anda harus menunggu setidaknya 2 tahun sebelum dapat punya momongan lagi.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar