Sukses

Test Pack Positif Pasti Hamil?

09 Jun 2015, 13:06 WIB
Wanita, 21 tahun.

Pagi dok saya via. Minggu lalu saya test pack hasil positif tapi samar lalu setiap 3 hari saya TP samar makin merah.. Sampai TP -4 sudah jrlas 2 garis..kemungkinan saya hamil tdk dok. Saya terakhir haid tanggal 18 mei.. Siklus haid sya memang tdk teratur tpi saya merasa gejala seperti orang hamil. Kemaren saya demam saya priksa saya hanya d bri obt paracet. Ramoxyl sma dexanta.. Kalau obat habis sya sruh priksa lg kesitu biar tau hamil atau tidaknya.. Menurut dokter bgaimana ya.. Apakah test pack itu kurang akurat?'.. Terimakasih dok

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Pemeriksaan test pack dapat membantu dalam diagnosis kehamilan, namun bukanlah tanda pasti kehamilan. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan dua garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. Kemungkinan hamil pada kondisi Anda sangat mungkin. 

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (samar atau belum terdeteksi), Anda dapat mencoba testpack ulang 1-2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Jika hasil test pack positif, lakukan pemeriksaan USG 2 minggu kemudian.

Bila memang telah positif hamil maka usia kehamilan dapat dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir. Penghitungan yang lebih akurat untuk menilai usia kehamilan dilakukan dengan menggunakan pemeriksaan USG.

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk memastikan apakah Anda dalam keadaan hamil atau tidak. Hingga terbukti sebaliknya (tidak hamil), maka sebaiknya Anda memperlakukan diri Anda seperti sedianya Ibu yang sudah hamil. Anda perlu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, kebutuhan nutrisi dan juga istirahat yang cukup. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap dalam menyambut kehamilan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar