Sukses

Kutil Disekitar Leher & Muka Anak

14 Sep 2015, 11:08 WIB
Pria, 14 tahun.

Salam Hormat. Anak lelaki saya (14 thn) tumbuh kutil disekitar leher & Muka, diagnosa dokter RSCM & Penang, diakibatkan virus dan belum ada obat untuk menghentikannyanya. (dokter hanya memberi obat meningkatkan daya tahan tubuh). saya perhatikan, kutil2 tsb makin besar dan belum berhenti. mohon petunjuk dokter. Tksh

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kutil atau dalam istilah kedokteran Veruka adalah pertumbuhan kulit tidak berbahaya yang disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV) tipe tertentu. Permukaannya kasar dengan bintik kecil gelap yang dapat dilihat. Mereka mungkin tumbuh di bagian manapun dari tubuh dan dinamai menurut lokasi mereka, yaitu veruka vulgaris (common warts) di anggota badan termasuk pada sela jari maupun telapak tangan, veruka plantaris (plantar warts) di telapak kaki, veruka plana (flat warts) di muka dan leher, dan kondiloma akuminata (genital warts) di kelamin. Penampilan kutil berbeda-beda sesuai lokasinya. Kutil di daerah kelamin dan anus memiliki penampilan yang basah dan seperti kembang kol. Kutil di telapak kaki yang tertekan cenderung datar dan tumbuh ke dalam.

Kebanyakan kutil lambat laun hilang dengan sendirinya, tetapi kita harus berhati-hati, karena menggaruk atau mengoreknya dapat menyebarkan kutil dan karenanya harus dicegah.

Untuk mencegah tumbuhnya kutil pada tubuh, berikut ini merupakan cara-cara nya :

1. Mandi Bersih

Sangat diajurkan untuk mandi dua kali dalam sehari dengan air bersih dan jangan mandi di sembarangan tempat seperti WC Umum atau sungai. Gunakan sabun sesuai dengan jenis kulit Anda dan pastikan Anda mandi dengan bersih sehingga tidak ada sisa-sisa kotoran atau sabun masih menempel di kulit.

2. Luluran

Lakukan luluran secara rutin seminggu sekali. Lulur berfungsi menyehatkan, menghaluskan, dan menyegarkan kulit. Pilihlah lulur yang terbuat dari bahan alami untuk menghindari kemungkinan terjadinya efek samping.

3. Hindari berganti baju dengan orang lain

Hindari memakai baju yang habis dipakai orang lain. Baju bekas dipakai tersebut dapat menjadi sumber penularan virus HPV.

4. Hindari seks bebas

Virus HPV penularannya melalui hubungan seks. Oleh karena itu, hindari seks bebas. Lakukan hanya dengan pasangan yang sah.

5. Lakukan imunisasi HPV

Imunisasi itu dapat mencegah penularan virus HPV. Khususnya bagi wanita, imunisasi ini dapat pula mencegah kemungkinan terjadinya kanker leher rahim yang banyak menyerang wanita saat ini.

Bagaimana cara mengatasi Kutil?

Pilihan pengobatan tergantung pada ukuran, jumlah, lokasi, jenis kutil, berat dan sudah berapa lama kutil berada serta pada usia dan keinginan dari pasien untuk berobat. Anak-anak dengan kutil umum mungkin tidak memerlukan terapi. Kutil sering kali menghilang dengan sendirinya.  Namun, kutil baru mungkin muncul sementara yang lain kemunduran. Rasa sakit, ketidak nyamanan, dan risiko jaringan parut menjadi pertimbangan untuk evaluasi sebelum perawatan.

Pilihan terapinya adalah dengan menggunakan salep atau pembedahan. Salep kulit yang biasanya digunakan adalah yang mengandung Asam salisilat yang bersifat keratolitik ( menghancurkan sel-sel kulit). Terapi bedah dalam penatalaksanaan veruka dapat berupa pembakaran, pembekuan, kuretase, dan eksisi. Terapi terpilih adalah pembekuan / cryosurgery karena relatif lebih mudah dilakukan dan hasil penyembuhannya yang lebih cepat.

Dalam hal ini Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis Kulit Kelamin untuk mengetahui pilihan terapi yang paling sesuai dengan kondisi anak Anda.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar