Sukses

Bekas Luka Di Wajah

19 Apr 2016, 19:08 WIB
Pria, 34 tahun.

Dear Ibu/ Bpk Dokter, Saya seorang karyawan swasta, saya ingin menanyakan masalah kulit di wajah, sebelumnya itu di wajah saya terdapat komedo hitam (Black head) dan di keluarkan, setelah beberapa hari timbul seperti bekas luka karena di paksa keluar komedo sebelumnya, bekas luka tersebut sampai saat ini tidak dapat hilang di wajah saya seperti luka kecil kering yg tidak dapat di hilangkan semacam koreng sebesar tahi lalat. yang ingin saya tanyakan adalah luka tersebut sudah berbulan bulan tidak dapat hilang, apabila kita bersihkan mengkelupas maka akan timbul kembali, seperti luka & berdarah ( bukan jerawat ), mohon bantuan & saran obat apakah yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut, terima kasih. Regards, M. Sudrajat

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Pengobatan dalam kasus ini sangat bergantung pada bekas luka yang terjadi, apakah berupa bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Penanganan bekas luka yang menghitam ini memang sangat bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung terhadap bekas luka Anda untuk penentuan jenis, luas bekas luka, kedalaman dan sifat serta lamanya. Dengan demikian pilihan penanganan yang diambil juga tepat dan sesuai serta efektif.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar