Sukses

Diet Saat Hamil

19 Apr 2016, 06:05 WIB
Wanita, 27 tahun.

selamat pagi dok, saya ibu nurul sedang hamil uk 24w. Saya mau tanya bagaimana mengontrol agar berat badan tidak naik drastis ya dok, saya d=sudah naik berat badan 14 kg di 24w ini. Padahal saya jarang ngemil dok, makan nasi juga tidak banyak, tapi tetap saja berat badan saya naik terus. Apakah boleh ibu hamil melakukan diet? dan jika boleh diet yang bagaimana yang baik saat hamil.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Wanita hamil harus mengonsumsi makanan bergizi lengkap (karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral) dengan banyak variasi. Kurangnya asupan zat gizi saat hamil dapat mengganggu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Setiap wanita hamil membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kalori/hari. Kalori tersebut digunakan untuk metabolisme tubuh ibu dan pertumbuhan serta perkembangan janin. 

Bagaimana dengan berat badan Anda sebelum hamil? Dianjurkan agar kenaikan berat badan selama kehamilan berkisar antara 12,5 kg - 17,5 kg. Pertahankanlah agar selama trimester I, kenaikan berat badan yang terjadi hanya sekitar 1 kg, selama trimester kedua sekitar 3 kg (0,3kg/minggu), dan selama trimester ketiga kenaikan berat badan yang terjadi sekitar 6 kg (0,3-0,5 kg/minggu).

Namun Anda tidak perlu terlalu terpaku terhadap hal tersebut dalam mengatur berat badanselama hamil. Yang terpenting adalah menjalani beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan seperti:  

  • Makanlah dengan lebih teratur. Tepat waktu. Makanlah dengan asupan nutrisi yang tepat.
  • Hindari makanan yang dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin
  • Jangan diet selama masa kehamilan. Orientasi orang pada istilah diet adalah mengurangi porsi makan. Diet yang dimaksud disini adalah merubah asupan nutrisi dari porsi yang sudah ada, menjadi lebih berkualitas. Bukan mengurangi jumlah porsi makanan.
  • Makanlah dengan porsi pas. Tidak berlebihan, dan tidak kekurangan. Makan dengan jumlah porsi kecil namun dengan dalam intensitas sering merupakan cara yang lebih baik.
  • Konsumsi vitamin untuk ibu hamil secara teratur.
  • Minum air yang cukup.
  • Perhatikan keseimbangan gizi mengonsumsi makanan yang berserat, buah-buahan dan sayuran.

Kami sertakan artikel kami yang berjudul Makanan Selama Kehamilan dan Nutrisi Kehamilan yang dapat Anda baca untuk informasi lebih lanjut mengenai makanan pada ibu hamil.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar