Sukses

Mioma uteri

18 Apr 2016, 17:05 WIB
Wanita, 43 tahun.

Di rahim saya ada myom ukuran 4 cm dan gynaecolog menyarankan utk diangkat utk menyelamatkan rahim saya (karena saya masih ingin punya anak). Apakah perlu menggunakan GnRH analogue sblm operasi dilakukan ? Letak myom sudah masuk ke rongga rahim menurut dokter ybs. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mioma uteri atau juga dikenal dengan leiomioma uteri atau fibroid adalah tumor jinak rahim yang paling sering didapatkan pada wanita. Leiomioma berasal dari sel otot polos rahim dan pada beberapa kasus berasal dari otot polos pembuluh darah rahim.

Mioma tersebut muncul pada 20% wanita usia reproduksi (usia subur) dan biasanya ditemukan secara tidak sengaja pada pemeriksaaan rutin.  Leiomioma yang tidak bergejala  terjadi sebanyak 40-50% pada wanita usia > 35 tahun. Pada umumnya unilateral (satu) atau kadang-kadang multipel (> 1). Keguguran atau komplikasi dapat terjadi pada wanita dengan mioma dan salah satu penyebab histerektomi (operasi pengambilan rahim) terbesar. Leiomioma uteri dapat berlokasi di dinding rahim, menonjol melalui rongga endometrium atau permukaan rahim, dan dikenal sebagai subserosa, intramukosa, dan submukosa.

Untuk terapi penunjang sebelum dilakukan tindaakan operasi akan lebih tepat jika anda tanyakan langsung kepada dokter sp.OG anda, karena tentunya beliaulah yang lebih memahami kondisi anda saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar