Sukses

Benjolan Di Leher

14 Sep 2015, 09:00 WIB
Pria, 31 tahun.

Dokter, di leher sebelah kanan jika saya raba agak keras terasa ada benjolan di bawah kulit dan ada rasa nyeri jika saya tekan atau menengok ke arah kanan atas..saya blm periksa ke Dokter..rasa nyeri pertama kali muncul sekitar 3 hr yg lalu. Nyeri hanya muncul jika saya tekan atau menengok miring k arah kanan atas. Kira2 saya benjolan itu apa y Dok? Dan jika periksa k dokter hrs k spesialis apa? Trims atas jawabannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun ada banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan

Berdasarkan informasi yang ada, kami menduga penyebab benjolan anda lebih mengarah kepada pembesaran kelenjar getah bening. Umumnya KGB membesar apabila terjaid peradangan/infeksi pada area sekitar. Apakah sebelum timbulnya benjolan anda sedang mengalami peradangan saluran napas dengan gejala seperti batuk, pilek, nyeri tenggorokkan? atau sedang mengalami masalah telinga?

Yang kami sebutkan masih merupakan dugaan. Untuk memastikannya sebaiknya diperiksakan langsung kepada dokter. Anda dapat terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter umum. Dan apabila diurigai kondisi ini merupakan gangguan medis yang berat, dokter dapat menyarankan anda untuk dirujuk kepada spesialisasi terkait (penyakit dalam, bedah, atau bedah onkologi, dll).

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar