Sukses

Sering Merasa Nyeri Punggung

13 Sep 2015, 11:51 WIB
Pria, 28 tahun.

Permisi dok, saya mau konsultasikan kondisi kesehatan punggung saya, punggung saya sering terasa pegal dan nyeri, pundak suka berat dan sering masuk angin, mohon infonya mengenai kesahatan punggung yang saya alami iini, dan solusi penanganannya. Atas informasinya saya ucapkan terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami menduga yang Anda alami adalah Fibromialgia.

Fibromialgia adalah kondisi yang disebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Fibromialgia juga dikarakterisasi dengan kondisi kurang istirahat, perasaan lelah saat bangun pagi, lelah, cemas, depresi, dan gangguan pencernaan.

Penyebab dari fibromyalgia sendiri masih belum diketahui. Meskpun fibromyalgia merupakan penyakit yang mempengaruhi otot, nyeri pada jaringan tersebut tidak diikuti dengan peradangan pada jaringan dan tidak menyebabkan kerusakan dari jaringan, berbeda dengan arthritis atau peradangan lainnya.

 

Keluhan utama dari fibromialgia adalah nyeri. Nyeri tersebut disebabkan peningkatan sensitivitas terhadap rangsang nyeri yang diberikan dan ambang batas nyeri yang rendah. Rangsang nyeri minimal yang pada orang normal tidak menyebabkan nyeri, pada orang dengan fibromialgia dapat menyebabkan nyeri hebat yang dapat membuat gangguan aktivitas. Keluhan nyeri pada fibromialgia dapat dicetuskan oleh suara, perubahan cuaca, dan stres emosional.

Nyeri pada fibromialgia umumnya menyebar di beberapa titik tubuh, meliputi kedua belah sisi tubuh, dan umumnya terjadi pada daerah leher, bokong, bahu, lutut, lengan, punggung, dan dada. “Titik Nyeri” merupakan pusat nyeri dimana rasa nyeri dan spasme otot tersebut dapat menyebar ketika disentuh. Nyeri biasanya terjadi lebih dari 3 bulan, konstan, lokasi berpindah-pindah, dan terasa seperti terbakar.

Keluhan dan gejala dari fibromialgia yang berlainan antara masing-masing personal membuat terapi untuknya sangatlah individual.

Sebaiknya Anda mulai mengenali penyakit (pencetus) Anda dan cara beradaptasi dengannya. Mengurangi stress dapat dibantu dengan mencari solusi atas masalah yang dialami dan tidur yang cukup.

Berolahraga dapat berupa aerobik low-impact seperti berenang, bersepeda, dan jogging. Diet untuk fibromialgia disarankan untuk menghindari alkohol dan kafein sebelum tidur karena dapat berpengaruh dengan kurangnya waktu istirahat. Beberapa obat yang disarankan merupakan obat antidepressan karena dapat mengurangi rasa lelah, mengurangi spasme otot, dan membantu tidur lelap.

Bila keluhan Anda tidak juga membaik setelah merubah prilaku hidup, segeralah memerikskan diri kepada dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar