Sukses

Tekanan Darah Rendah

15 Sep 2015, 17:20 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok tekanan darah saya cenderung rendah kalau berdiri lama pasti pusing padahal sudah makan sebelumnya, cara penanganannya gimana ya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Sebelumnya harus dibedakan terlebih dahulu antara tekanan darah rendah dan kurang darah (anemia: kadar hemoglobin rendah). Keduanya juga dapat menimbulkan keluhan pusing dan lemas.

Perihal tekanan darah, sebenarnya terdapat prinsip 'How Low Can You Go'. Yang dimaksudkan disini, semakin rendah tekanan darah maka akan semakin baik, apabila tidak disertai gejala penyakit yang mengganggu. Dalam kasus anda, apabila setelah pemeriksaan diketahui tekanan darah Anda rendah dimana disertai juga dengan gejala pusing atau gejala lainnya, maka kondisi ini termasuk dalam gangguan medis.

Tekanan darah normal untuk orang dewasa adalah sekitar 120/80 mmHg. Sedangkan tekanan darah rendah (hipotensi) merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah rendah hingga dibawah 90/60 mmHg, walau tekanan darah memang bervariasi untuk setiap orang, bisa saja ada yang tekanan darahnya 80/60 namun tidak merasakan apa-apa. 

Gejala yang dapat muncul saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, pandangan kabur/gelap, sulit berkonsentrasi, mual, lemas, kaki dan tangan dingin, depresi hingga rasa haus yang berlebih. Jika tekanan darah turun terlalu rendah dapat menyebabkan jantung dan otak kekurangan oksigen sehingga menyebabkan penurunan kesadaran sampai kematian. 

Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh banyak hal yang tidak serius hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, dehidrasi, kehamilan, gangguan hormonal, perdarahan, dan obat-obatan. 

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah : 

  1. Konsumsi garam yang lebih banyak
  2. Banyak minum air, hindari alkohol
  3. Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)
  4. Olahraga teratur yang memacu kerja otot dan jantung (aerobik) seperti berenang, lari, bersepeda, dsb selama minimal 30 menit, 3-4x/minggu.
  5. Untuk penderita hipotensi ortostatik (gejala: pusing dan gelap mendadak saat merubah posisi dari tidur ke duduk/berdiri): bangun secara perlahan dari tidur/duduk dan jangan menyilangkan kaki saat duduk.

Kami sarankan Anda memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam agar mengetahui secara pasti penyebab keluhan Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar