Sukses

Berat Badan Sulit Turun

13 Sep 2015, 11:56 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok saya sudah diet tp setiap ditimbang gak pernah turun pdhl mkn nasi dikit bgt ngemil tdk olah raga sudah tp masih tidak turun2 knp ya,saya ingin mengembalikan berat saya seperti dlu sebelum hamil dok kebetulan saya baru melahirkan 7 bln yg lalu melalui operasi cecar dok,tlong bantuan nya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pada prinsipnya strategi paling benar dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi pemasukan kalori (makanan dan minuman) dan meningkatkan pengeluaran kalori (olahraga / meningkatkan aktivitas), tak lupa komitmen yang tinggi untuk melaksanakannya. 

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter ahli Gizi untuk mengetahui diet yang tepat dan sesuai dengan kondisi anda. Berikut adalah link artikel yang dapat membantu menjelaskan strategi dalam menurunkan berat badan:

http://m.klikdokter.com/detail/read/2/15031520/olahraga-dan-berat-badan

http://m.klikdokter.com/detail/read/2/15031521/tips-diet-sehat-dengan-makan-berimbang-setiap-hari

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar