Sukses

Penyebab Gatal Pada Kulit

06 Sep 2015, 21:14 WIB
Pria, 25 tahun.

dok..kulit di selangkangan saya ada timbul bercak-bercak putih yang gatal terus saya obati dengan obat ketokonazol tapi kok tidak hilang bercak-bercak putih tersebut malah timbul benjolan-benjolan setelah pemakaian ketokonazol..Apa ya dok diagnosis penyakit saya ini?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Gatal-gatal pada kulit dapat disebabkan oleh banyak hal dan diagnosis pasti dari keluhan yang Anda rasakan tentunya memerlukan pemeriksaan fisik langsung.

Diduga penyebab gatal pada kulit dapat bermacam-macam, diantaranya:

  • Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.

  • Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.

  • Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll.

  • Stress. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.

  • Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.

  • Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, biasanya sembuh sendiri.

  • Infeksi. Infeksi jamur atau parasit dapat menyebabkan kulit terasa gatal.

Selain deskripsi yang lengkap, untuk mengetahui diagnosis penyakit kulit diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Untuk itu kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik langsung dan penanganan yang optimal.

Selain itu ketokonazol  merupakan antijamur yang dalam penggunaanya harus dibawah pengawasan dokter. Oleh karena itu kami tidak menganjurkan anda untuk menggunakan obat-obatan yang dibeli sendiri sebelum diagnosa penyakit anda dapat ditegakkan dengan benar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar