Sukses

Gejala Kanker Kulit

17 Apr 2016, 19:40 WIB
Wanita, 43 tahun.

Dear Bpk/Ibu dokter, Selamat siang. Saya mau menanyakan mengenai 1.keloit, apakah keloit dapat dikatagorikan sebagai kanker kulit? 2. Apakah garis coklat pada jari jempot tangan adalah salah satu tanda adanya ganguan pada kulit/ kanker kulit? Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Keloid bukanlah tanda dan gejala kanker kulit.

Keloid merupakan jaringan parut yang tumbuh berlebihan karena proses penyembuhan yang berlebihan dan tidak juga mengecil seiring perjalanan waktu.

Keloid tumbuh melebihi garis luka pada kulit dan biasanya timbul setelah 3 bulan bahkan sampai tahunan setelah terbentuknya luka.

Biasanya keloid tumbuh di daerah lengan atas, dada, punggung, cuping telinga, pipi dan anggota gerak.

Kita dapat mengidentifikasi keloid dengan memperhatikan adanya jaringan yang menimbul, keras, tidak beraturan, berbatas tegas dan biasanya berwarna coklat dan keputihan pada daerah bekas luka. Terkadang keloid tersebut dapat terasa gatal dan nyeri.

Biasanya keloid ini sering ditemui pada mereka yang berusia kurang dari 30 tahun, berkulit gelap, dan memiliki riwayat luka pada kulit (misal: tindik telinga, tato, luka jatuh, bekas vaksin, bekas cacar, dll).

Mereka yang memiliki anggota keluarga yang mudah mengalami keloid memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengalami keloid pada bekas lukanya.

Sedangkan untuk kanker kulit, pernah kami bahas dalam salah satu artikel kesehatan kami. Anda dapat melihat informasi lengkapnya dalam artikel yang berjudul Kenali Gejala dan Jenis Kanker Kulit Sejak Dini

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar