Sukses

Bengkak Di Punggung Kaki

10 Sep 2015, 23:44 WIB
Wanita, 61 tahun.

Siang dokter ibu saya bengkak di punggung kaki hanya kaki sebelah kanan nya saja, kemudian timbul luka seperti tersundut rokok yang pecah lama lama timbul berulang hingga ke pergelangan kaki apakah itu gejala diabetes? tahun kemarin cek gula harian 130.. Thanks Regards Yeni Virgianti

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bengkak di kaki bisa bermacam-macam sebabnya, mulai dari trauma (terbentur), terkena infeksi, kanker atau tumor, tergigit binatang, dan lain-lain.

Bengkak yang diakibatkan karena infeksi bakteri kemungkinan yang dialami ibu Anda adalah selulitis. Selulitis merupakan infeksi pada lapisan kulit yang lebih dalam akibat bakteri streptokokus atau stafilokokus atau bakteri lainnya. Dalam kondisi normal kulit memiliki berbagai jenis bakteri, namun kondisi kulit yang utuh menjadi penghalang yang efektif untuk mencegah masuknya bakteri dam pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Bila kulit robek, bakteri dapat masuk dan berkembangbiak sehingga menimbulkan infeksi dan peradangan.

Faktor resiko terjadinya selulitis:

  • Luka di kulit

  • Gigitan dan sengatan serangga, gigitan hewan, atau gigitan manusia

  • Riwayat diabetes dan penyakit pembuluh darah perifer

  • Pemakaian obat imunosupresan atau kortikosteroid

  • Setelah melakukan prosedur paru-paru, jantung, atau gigi

Pengobatannya dapat dengan antibiotik. Dan bila selulitis menyerang tungkai, sebaiknya tungkai dibiarkan dalam posisi terangkat dan dikompres dingin untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan.

Namun tentunya, masih terdapat kemungkinan penyebab lain. Untuk memastikannya Kami sarankan ibu Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar